blog post

Pertama – tama marilah kita ucapkan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang selalu memberikan kesehatan, kekuatan dan kesempatan serta Shalawat beriring salam kepada Nabi Besar junjungan kita Muhammad SAW yang telah membawa umat manusia dari alam kebodohan ke alam yang penuh dengan ilmu pengetahuan yang maju seperti sekarang ini.

STIKES Dharma Landbouw didirikan pada tahun 2009 berdasarkan Surat Keputusan dari Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No. 75/D/O/2009 tentang pengalihan pembinaan Akademi Perekam dan Informatika Kesehatan (APIKES) Dharma Landbouw di Padang dari Departemen Kesehatan ke Departemen Pendidikan Nasional, penggabungan dengan Akademi Kebidanan Dharma Landbouw di Padang (Program Studi D3 Kebidanan) dan penambahan program Studi Keperawatan jenjang program Sarjana (S1) menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) Dharma Landbouw Padang.

STIKES Dharma Landbouw Padang ini berada dibawah naungan Yayasan Pendidikan Dharma Landbouw Sumatera Barat. Yayasan Pendidikan Dharma Landbouw Sumatera Barat didirikan pada tahun 1997 oleh 9 (sembilan) orang pendiri sebagaimana tercantum dalam Akte Notaris H. Zamri, S.H. No. 151 tanggal 20 Januari 1997, dengan perubahan Akta No. 165 tanggal 26 April tahun 2012 melalui Notaris Hj. Eli Satria, SH di Padang dan telah terdaftar sebagai lembaga yang berbadan hukum dengan no. SK MenKumHam : AHU-0023845.AH.01.04 Tahun 2015. Diawal berdirinya Yayasan Pendidikan Dharma Landbouw Sumatera Barat, didirikan satu Program Studi yang bernama Akademi Perekam dan Informasi Kesehatan (APIKES) Dharma Landbouw yang didirikan pada tanggal 30 Mei 1997 dengan perizinan dibawah Dapertemen Kesehatan (Depkes) pada waktu itu.

APIKES Dharma Landbouw merupakan akademi pertama yang didirikan di pulau Sumatera yang bergerak dibidang pengelolaan sumber data dan informasi pelayanan kesehatan (Rekam Medis dan Informasi Kesehatan). Pada saat ini APIKES merupakan salah satu Program Studi yang ada pada STIKES Dharma Landbouw yaitu Program Studi Diploma Tiga Rekam Medis dan Informasi Kesehatan (RMIK).

Selama proses perkuliahan di masing-masing prodi selain dari tenaga dosen tetap yang ada, kami STIKes Dharma Landbouw Padang juga mendapatkan tenaga bantuan tenaga pengajar sebagai dosen tidak tetap dari instansi lain yang ada di kota Padang seperti :

1.Fakultas Kedokteran UNAND Padang

2.Universitas Negeri Padang

3.Politeknik Kesehatan Padang

4.RSUP Dr. M. Djamil Padang

5.RS. Yos Sudarso Padang

6.RSJ. H.B Sa’amin Padang; dan

7.Instansi lain yang tidak dapat disebutkan satu persatu

 

Untuk lahan praktek bagi para mahasiswa sesuai dengan kebutuhan kurikulum Program Studi masing-masing, digunakan juga unit-unit pelayanan kesehatan yang ada di kota Padang dan di luar kota Padang, bahkan juga di luar Provinsi atau luar pulau Sumatera seperti : Jakarta, Yogyakarta, dan Bandung bahkan mahasiswa juga melakukan studi banding pada beberapa rumah sakit di malaysia dan singapura.

 STIKes Dharma Landbouw Padang sejak tahun 2017 sudah memiliki lulusan sebanyak  1462 (Seribu Empat Ratus Enam Puluh Dua) orang, dimana pada Prodi D-3 RMIK 865 (Delapan Ratus Enam Puluh Lima) orang, Prodi D-3 Kebidanan 488 (Empat Ratus Delapan Puluh Delapan) orang dan Prodi S-1 Keperawatan 109 (Seratus Sembilan) orang. Alhamdulillah sampai saat ini jumlah lulusan kita sudah tersebar di berbagai wilayah Provinsi di Indonesia sehingga 90 % sudah terserap di dunia kerja.

Untuk peningkatkan mutu terhadap penyelenggaraan pendidikan STIKes Dharma Landbouw Padang, telah terakreditasi oleh Lembaga Akreditasi Mandiri-Perguruan Tinggi Kesehatan (LAM-PTKes) pada tahun 2016 untuk prodi D-3 RMIK dan satu-satunya di Sumatera mendapat peringkat akreditasi “B” atau Baik Sekali.

Demikian dan terima kasih...Wabillahi taufik walhidayah.....Wassalamu’alaikum Wr. Wb

 

 

 

 

  • Bagikan