You are currently viewing Seminar Rekam Medis
Seminar Rekam Medis

STIKES Dharma Landbouw Padang – Pentingnya rekam medis elektronik dalam perkembangan dunia digital saat ini, membuat program studi rekam medis & infokes STIKES Dharma Landbouw Padang menyelenggarkan kuliah tamu dengan menghadirkan pemateri dari Politeknik Rukun Abdi Luhur Kudus yaitu dr. Rano I Sudra, M.Kes yang merupakan Wadir & Kaprodi D3 Rekam Medis POLTEKUN.

Pada kuliah tamu kali ini mengangkat topik tentang “REKAM MEDIS ELEKTRONIK”, menurut narasumber rekam medis elektronik sangat dibutuhkan untuk zaman sekarang karena dapat meningkatkan mutu kebijakan Kesehatan berbasis data yang akurat, mutakhir dan lengkap. Dan juga bisa membuat efisiensi pelayanan Kesehatan pada tingkat Puskesmas, Klinik, Rumah Sakit, Lab dan Apotek, serta juga dapat terciptanya kolaborasi dan ekosistem inovasi digital Kesehatan antara industri dan masyarakat.

Menurut peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia nomor 21 tahun 2020 tentang Rencana Strategis Kementrian Kesehatan tahun 2020-2024 disampaikan bahwa perbaikan SIK melalui Sistem Rujukan Terintegrasi (SISRUTE) yang diaplikasikan sebagai system informasi penyelenggaraan pelayanan Kesehatan terpadu berbasis IT yang bertujuan meningkatkan system rujukan anatara FKTP dan FKTPL yang dimana pengembangan juga dilakukan terhada system rekam medis elektronik yang dapat mendukung pertukaran data resume medis pasien antar rumah sakit (smart care).

Dalam pemaparan materi tadi juga disampaikan Aspek Hukum Rekam Medis Elektronik yang dimana terdapat dalam UU ITE No 11 tahun 2008 pasal 5 yang berbunyi “Informasi Elektronik dan atau dokumen elktronik dan atau hasil cetaknya merupakan alat bukti hukum yang sah”. Lalu pada PP Sistem Informasi Kesehatan No. 46 Tahun 2014 pasal 17 yang berbunyi “ Penyelenggaraan rekam medik, meliputi rekam medik elektronik dan rekam medik nonelektronik”. Lalu pada PMK Rekam Medis No 269 tahun 2008 pasal 2 dijelaskan bahwasanya “Rekam Medis harus dibuat secara tertulis, lengkap dan jelas atau secara Elektronik.